Kenapa Harus Hidroponik?

cara-menanam-tanaman-hidroponik-bayam2Hidup sehat selalu diawali dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayuran yang baik. Semakin berkembangnya hidup di era modern ini maka semakin berkembang pula pola hidup sehat, hal ini membuat pembudidaya sayuran termotivasi untuk menghasilkan sayuran yang memiliki kualitas yang tidak hanya aman tapi juga sehat untuk dikonsumsi. Meski begitu celah tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal, terbukti banyak pasokan sayuran yang masih belum bisa terpenuhi seluruhnya.

Kecendrungan dan pola pikir masyarakat saat ini adalah mereka menyadari bahwa mereka membutuhkan sayuran yang berkualitas dan sehat. Mereka tidak mementingkan banyaknya pasokan yang ada, tetapi juga dilihat dari sisi kebersihan dan tingkat keamanan sayuran yang mereka konsumsi. Kondisi itu membuat petani harus bekerja ekstra keras untuk menghasilkan produk sayuran yang sesuai dengan kebutuhan konsumen

Kenapa harus Hidrop0nik???

“Jawabannya cukup mudah, karena hidroponik merupakan jawaban untuk membudidayakan sayuran yang sehat dan berkualitas.”

Saat ini, banyak masyarakat yang tertarik untuk mengaplikasikan hidroponiki dalam bertanam sayuran. Hal ini seiring dengan mudahnya mereka mencari informasi tentang bagaimana cara bercocok tanam sayuran hidroponik yang praktis, murah dan efisien, sehingga denan mudah mereka dapat mengaplikasikannya di rumah masing – masing. Tidak hanya memenuhi kebutuhan sayuran sehari – hari, hidroponik ini bisa di jadikan hobi sehingga memiliki banyak keuntungan bagi mereka yang membudidayakannya. Jenis sayuran yang ditanam dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan selera masing – masing.

Pemilihan tehnik hidroponik ini sendiri didasarkan pada keadaan dimana lahan pertanian semakin berkurang dan terbatasnya pasokan air yang ada, sehingga hidroponik sangat tepat dijadikan alternatif menanam sayuran yang tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya serta terbatasnya air untuk pengirannya.

Selain itu, hidroponik memiliki keunggulan dibandingkan dengan tanaman konvensional, yaitu tidak begantungan dengan musim. Baik pada saat musim hujan maupun musim kemarau, cara bertanam hidroponik tetap bisa dilakukan. Berbeda dengan cara konvensional yang sangat bergantung dengan musim, sehingga pada waktu tertentu terbatasnya ketersediaan sayuran dipasaran.

Tidak hanya permasalahan higienis, kualitas dan musim, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sistem hidroponik ini dibandingkan dengan cara bertanam konvensional.

Berikut beberapa keunggulan dalam budidaya hidroponik:

  1. Pertumbuhan tanaman lebih terkontrol.
  2. Terjaminnya kebersihan, pasalnya sistem hidroponik ini sangat memperhatikan kebersihan dalam proses penanamannya.
  3. Lebih efisien, karenan nutrisi yang diberikan kepada tanaman sesuai dengan kebutuhannya.
  4. Tanaman sayuran dapat berproduksi dengan maksimal tidak hanya kuantitas tetapi juga memiliki kualitas yang lebih tinggi.
  5. Pengontrolan terhadap penyakit bisa ditekan dan bisa bebas pestisida kimia.
  6. Harga jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan cara konvensional.
  7. Sayuran hidroponik rasanya lebih renyah dan segar

Penggunaan sistem pada hidroponik pun beragam, bisa di sesuaikan dengan lahan yang tersedia. Berikut macam – macam sistem hidroponik:

  1. Wick System
  2. Nutrient Film Technique (NFT)
  3. Sistem Statis
  4. Floating System
  5. Sistem Pasang Surut
  6. Aeroponik
  7. Irigasi Tetes
  8. Dll

Dalam pengaplikasiannya, beberapa sistem bisa di modifikasi sedemikian rupa sehingga bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ruang yang ada. Dalam sesi selanjutnya akan kami berikan gambaran, pembelajaran dan penjelasan lebih lengkap agar mudah untuk dipahami dan di aplikasikan. Terimakasih banyak.

Download aplikasi ebook di bawah ini untuk menambah referensi mengenai hidroponik:

https://play.google.com/apps/publish/?dev_acc=15040489566108303972#AppDashboardPlace:p=com.bertanamhidropnik.magazine.EbookBertanamHidropnik
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s